Kamis, 23 Februari 2017

Permainan Kosakata (Vocabulary Games)

- Permainan bahasa Inggris yang pada kesempatan kali ini dibahas adalah permainan bahasa Inggris mengenai kosa kata (vocabulary games). Permainan kosa kata (vocabulary games) berisi beberapa permainan yang tentunya untuk memberi siswa kesempatan untuk melatih kosa kata (vocabulary) dan ungkapan (expression) bahasa Inggris yang telah mereka pelajari tentunya dengan cara yang menyenangkan. Berikut di bawah ini adalah permainan bahasa Inggris mengenai kosa kata (vocabular). Semoga bermanfaat. Check this out!!!
1. Observe and Remember

  • Tujuan: Untuk menguji kemampuan siswa dalam mengamati (observe) dan mengingat (remember) kosa kata.
  • Tingkatan: Semua (elementary, intermediate atau advance)
  • Peralatan dan materi: Macam-macam benda kecil dan mudah diidentifikasi.

'Observe and Remember' adalah cara yang baik untuk menguji kemampuan siswa dalam mengamati dan mengingat saat mereka belajar mengenai kosa kata (vocabulary) bahasa Inggris.
Sebelum kelas dimulai, kumpulkan berbagai macam benda kecil yang mudah diidentifikasi sepeti pesil, penghapus, penggaris, pulpen, buku, sendok, kancing baju, lem atau benda apa pun yang tentunya sesuai dengan tingkatan bahasa siswa. Letakkan benda-benda tersebut di meja di depan kelas.
Siswa diminta untuk maju ke depan dan amati benda-benda tersebut yang tentunya dengan batas waktu, misalkan siswa dibatasi mengamati benda-benda tersebut selama 2 menit, kemudian siswa diminta untuk kembali duduk. Instruksi kan siswa untuk mengambil pensil dan kertas dan mulai untuk menuliskan nama-nama benda yang sudah diamati dalam bahasa Inggris. Ketika siswa kembali duduk tutup benda-benda yang diamati dengan kain atau apa pun agar siswa tidak melihat benda-benda tersebut. Batasi waktu ketika siswa menuliskan benda-benda yang sudah diamati misalkan selama 5 menit.
Setelah waktu yang diberikan untuk menuliskan benda-benda tersebut habis, siswa diminta lagi untuk maju kedepan untuk memberikan nama-nama benda tersebut dan menyebutkan nya satu per satu. Siswa yang paling banyak menuliskan dan menyebutkan benda dengan benar ialah pemenangnya.
Jumlah benda yang digunakan dalam permainan 'Observe and Remember' haruslah sesuai dengan tingkatan bahasa siswa. Untuk tingkat dasar (elementary) bisa menggunakan 12 benda, untuk tingkatan menengah (intermediate) bisa menggunakan 15-20 benda, dan untuk tingkatan atas (advance) bisa menggunakan 25-30 benda.
2. Word Matching

  • Tujuan: Untuk melatih kombinasi antara  synonyms (persamaan kata) dan antonyms (lawan kata)
  • Tingkatan: Menengah (intermediate) dan atas (advance)
  • Peralatan dan materi: pensil dan kertas

Untuk beberapa alasan kita sering memikirkan benda atau objek dengan pasangannya baik persamaan kata atau lawan katanya; ketika kita mendengar satu kata, kita sering mencari lawan atau persamaan kata tersebut. Hal tersebut juga menarik bagi pengajar bahasa Inggris dan juga dapat menghibur serta berguna.
Persiapkan daftar kata-kata yang tentunya mudah untuk di cari lawan kata atau persamaan katanya, seperti hot-cold, big-little dan lain sebagainya. Permainan dimulai dengan pengajar membacakan kata-kata yang sudah dipersiapkan sebelumnya satu persatu dengan jeda waktu yang relatif singkat, misalkan satu menit. Siswa diminta untuk menuliskan persamaan kata atau perlawanan kata (tergantung perintah pengajar) dengan cepat. Siswa yang menuliskan persamaan dan perlawanan kata dengan benar terbanyak dia lah pemenangnya.
Contoh Perlawanan kata
Hot-Cold Rich-Poor Wet-Dry Pass-Fail
Big-Little Right-Wrong Noisy-Quiet Hungry-Thirsty
Tall-Short Happy-Sad Girl-Boy Sharp-Dull
Fat-Thin Sick-Well Aunt-Uncle Fast-Slow
Knife-Fork High-Low Sell-Buy Clean-Dirty
3. Blindfold 
  • Tujuan: Untuk mendeskripsikan kosakata (vocabulary) yang berbentuk kata benda materi (material nouns).
  • Tingkatan: Semua (elementary, intermeidate, dan advance)
  • Peralatan dan materi: Penutup mata (kain atau selendang), Benda-benda sesuai dengan apa yang di ajarakan (pensil, buku, penghapus, dll).

Misalkan kita sedang mengajarkan anak tentang things in the classroom (benda-benda yang ada di kelas). Setelah kita telah mengajarkan kosakata tersebut ke siswa, baik cara penulisan maupun pengucapan, untuk melatih deskripsi siswa kita bisa menggunakan permainan blindfold di atas. Sebelum menginjak ke permainan, alangka baiknya jika siswa di ajarkan ungkapan-ungkapan deskripsi sederhana (untuk elementary) seperti: "it is big", "it is long", it is sharp", "it is heavy", "it is light", "I think it is ...".

Menginjak ke permainan, siswa seperti biasa diminta untuk menutup mata mereka dengan kain atau selendang yang sudah dipersiapkan. Setelah semua siswa tertutup matanya, guru akan memberikan benda-benda yang telah dipersiapkan tadi seperti buku, pensil, pulpen, dll. kepada masing-masing siswa. Siswa kemudian diminta untuk mendeskripsikan benda-benda tersebut. Siswa yang berhasil mendeskripsikan dan menebak benda tersebut dengan benar, dia akan mendapatkan reward atau hadiah.

Untuk tingkatan intermediate dan advance, guru bisa memperbanyak ungkapan-ungkapan deskriptive lainnya. Sehingga siswa akan tertantang untuk mengikuti permainan. Guru juga bisa menggunakan boneka binatang dan meminta siswa untuk mendeskripsikannya, tentunya dengan deskripsi yang jauh lebih banyak. Tidak cuma identifikasi secara fisik saja, untuk level advance bisa juga diminta siswanya untuk mengidentifikasi rasa, bau, dan pemilik benda tersbut (benda diambil dari siswa lain). 

4. Whisper & Write (W2)


  • Tujuan: Untuk melatih pronunciation dan writing siswa.
  • Tingkatan: Elementary dan Intermediate
  • Perlatan dan materi: Daftar vocabulary baik nouns, verbs, adverbs, atau adjectives. Bisa juga menggunakan satu kalimat atau clasuse.

Permainan W2 ini sangat sederhana dan banyak digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris. Walaupun sederhana, permainan ini cukup menyenangkan. Permainan di mulai setelah siswa selesai belajar menganai vocabulary baik dari segi penulisan maupun pengucapannya. Siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B. Masing-masing kelompok kemudian membentuk barisan. Misalkan saja ada 5 siswa di setip kelompok. Siswa A1 berdiri di dekat papan tulis, kemudian siswa A2 berdiri disampingnya, begitu juga siswa A3, A4, sampai A5. Begitu juga dengan kelompok B. Pastikan jarak antar siswa harus lebar agar mereka tidak bisa mendengar bisikan temannya.

Permainan dimulai dengan memberikan beberapa kosakata yang berkaitan dengan materi ke siswa A5 dan B5. Kemudian dari siswa tersebut, kosakata diberikan ke teman yang lainnya dengan cara dibisikan; A5 ke A4 dan B5 ke B4. Kegiatan tersebut berlangsung hingga mencapai siswa yang dekat dengan papan tulis yaitu A1 dan B1. Siswa A1 dan B1 seelah mereka mendengar kosakata yang dibisikan temanya langsung menuliskan daftar kosakata yang di dengar di papan tulis. Kelompok yang paling cepat dan tepat dalam menuliskan kosakata tersebut ialah pemenangnya. Lakukan permainan tersebut beberapa kali. Kelompok yang mengumpulkan banyak score akan mendapatkan reward atau hadiah.

Untuk level intermediate, guru bisa mengunakan satu kalimat utuh atau clausa. Pastikan kalimat itu manrik dan susah, misalkan "Two witchess watch a football match by selling their watches."



Note:
Agar tidak monoton, pastikan guru untuk melakukan rotasi pada masing-masing kelompok. Misalkan siswa A1 yang berdiri dekat papan tulis bisa dirotasi dengan siswa A5, begitu juga untuk siswa-siswa yang lainnya.

Tentunya masih banyak lagi permainan bahasa Inggris tentang kosa kata (vocabulary) yang akan di update salnjutnya.

Semoga penjelasan mengenai Permainan Kosakata (Vocabulary Games) di atas bisa menambah wawasan sobat sekalian dan tentunya bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun. Jangan lupa like dan share ya sobat. Terima kasih... ^^ English is Fun ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga menyenangkan