Kamis, 23 Februari 2017

Past Continous Tense

Setelah kemarin kita membahas tuntas mengenai Past Tense, nah tiba gilirannya kita membahas mengenai Past Contionous Tense. Belajar bahasa inggris kali ini penulis akan mencoba untuk menjelaskan salah satu dari ke-16 tenses yang ada, yaitu Past Continuous Tense. Past Continuous Tense ini biasanya digunakan untuk menunjukkan dua kejadian yang terjadi pada saat yang bersamaan, tetapi satu kejadian terjadi lebih awal dan masih sedang berlangsung ketika kejadian kedua terjadi. Lihat lah contoh kalimat di bawah ini:

"Yesterday Karen and Jim played tennis. They began at 10 o'clock and finished at 11.30. So, at 10.30 they were playing tennis."


They were playing tennis berarti mereka sedang di tengah-tengah permainan. Untuk lebih jelas lagi apa itu past continuous tense, yuk kita baca secara utuh artikel di bawah ini. Semoga bermanfaat. Check this out...!!!

A.    Rumus Past Continuous Tense

Di bawah ini adalah rumus yang digunakan untuk membuat kalimat Past Contionus Tense, baik yang berupa kalimat affirmative positive, negative maupun yang introgative.
(+)    S + Tobe (was,were) + Verb-ing
(-)    S + Tobe + Not + Verb-ing
(?)    Tobe + S + Verb-ing

NoSubjectTobe
01TheyWere
02WeWere
03YouWere
04IWas
05HeWas
06SheWas
07ItWas




B.    Bentuk Kalimat Past Continuous Tense
Bentuk Past Continuous Tense bisa dibentuk kedalam tiga kalimat, yaitu kalimat positive, negative, dan introgative. Lihat rumus pembentukan kalimat di atas dan yuk kita simak contoh kalimatnya di bawah ini.

(+)    I was doing my homework at 7 o’clock last night
(-)    I was not (wasn’t) doing my homework at 7 o’clock last night
(?)    Was I doing my homework at 7 o’clock last night?

C.    Penggunaan Simple Past Continuous Tense

Seperti pada awal pengenalan di atas, Past Continous Tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi di masa lampu yang kejadiannya masih berlangsung saat kejadian Past Tense yang lain terjadi. Sebenarnya dari kalimat tersebut di atas kita bisa menyimpulkan kapan sih sebenarnya kita harus mengungkapkan kalimat dengan penggunaan Past Continuous Tense.

  • Menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu yang tidak tentu di masa lampau.
Contoh: I was watching television all day long.
  • Menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu tertentu pada masa lampau.
Contoh: I was going to the beach at 6 o’clock this morning.
  • Menyatakan peristiwa yang sudah dimulai dan sedang berlangsung di masa lampau ketika kejadian lain terjadi. Kegiatan pertama yang sedang berlangsung itu dituis dengan Past Continuous Tense sedangkan peristiwa lain yang terjadi kemudian dinyatakan dengan Past Tense.
Contoh: I was watching television when the telephone rang.
D.    Perbedaan Past Continous Tense dengan Simple Past Tense

Past Continous Tense
(Kejadian sedang berlangsung)
Simple Past Tense
(Merupakan kejadian yang sudah selesai)
I was walking home when I met Dave.
(= sedang berjalan, kejadiannya masih berjalan)
I walked home after party last night.
(=berjalan sudah selesai)
Rismal was watching television when the phone rang.Rismal watched television a lot when she was ill.

Semoga penjelasan tentang Past Continuous Tense diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Penulis sangat membuka kritik dan saran untuk kemajuan blog ini dan artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga menyenangkan