Kamis, 23 Februari 2017

kumpulan games menarik bahasa inggris

Belajar bahasa Inggris pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa permainan bahasa Inggris mengenai materi pengejaan (spelling). Sebagai mana kita ketahui, mengeja setiap huruf dari suatu kata bagi anak-anak bukan merupakan pekerjaan mudah. Anak kadang cenderung mengeja huruf bahasa Inggris dengan pengejaan bahasa Indonesia dan itu sangat memengaruhi pengucapan suatu kata bahasa Inggris. Nah untuk mengatasi tersebut kita sebagai pendidik atau calon pendidik harus berusaha keras agar anak bisa mengeja suatu huruf dari suatu kata bahasa Inggris dengan benar. Pendidik dan calon pendidik biasanya menggunakan permainan (games) untuk menyampaikan materi pengejaan karena dengan menggunakan permainan anak akan lebih tertarik.

Di bawah ini penulis sengaja berikan beberapa permainan bahasa Inggris mengenai pengucapan. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Check this out!!!

1. Alphabet Race
  • Tujuan: Untuk melatih pengucapan kosa-kata bahasa Inggris.
  • Level bahasa: Semua
  • Peralatan dan materi: Dua perangkat kartu Alphabet.

Pada permainan ini kita harus menggunakan 2 perangkat kartu Alphabet, yang mana satu perangkat Alphabet terdiri dari kartu yang bertulis kan A-Z yang masing-masing ada tiga, misalkan kartu A ada 3 dan seterusnya. Kita harus membuat 3 kartu untuk huruf yang sama karena terdapat beberapa kata dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 3 kata yang sama, misalkan "success".  Ukuran kartu juga jangan terlalu kecil, sehingga semua anak bisa melihatnya dari kejauhan. Masing-masing seperangkat kartu harus memiliki jumlah yang sama. Jumlah dari setiap perangkat kartu adalah 78 kartu.

Bagi siswa menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok memegang seperangkat kartu Alphabet. Kedua kelompok diminta untuk berdiri di belakang kelas. Ketika guru atau pendidik menyebutkan kata bahasa Inggris, misalkan "success". Siswa harus mengucapkan huruf-huruf yang diperlukan untuk membuat kata "success" tersebut, tentunya dengan pengucapan bahasa Inggris. Ketika anak menemukan kartu yang bertulis kan huruf-huruf pembentuk kata "success", anak harus lari ke depan dan menyusun huruf-huruf tersebut sehingga menjadi kata "success" di meja guru.

Kelompok yang pertama menyusun dan susunan katanya benar akan mendapatkan angka. Kemudian setelah menyelesaikan kata yang pertama, siswa harus kembali lagi ke belakang kelas bersiap untuk kata selanjutnya. Kelompok dengan angka terbanyak pada akhir permainan adalah pemenangnya. Hanya gunakan kata yang akrab di telinga siswa.

Permainan ini pasti akan sangat berisik karena kecenderungan anak akan lari dan berteriak. Mainkan permainan ini jika anda yakin tidak akan mengganggu kelas yang lainnya.


2. Spy Code
  • Tujuan: Untuk melatih pengucapan kosa-kata bahasa Inggris.
  • Level bahasa: semua
  • Peralatan: Boardmarker

Sebelum memulai permainan ini, guru harus menjelaskan cara memecahkan kode yang nantinya akan di coba di pecahkan oleh siswa. Guru juga harus membuat kode-kode tersebut yang nantinya akan di pecahkan oleh siswa. Kode tersebut berupa angka yang mewakili huruf, misalkan 1=A, 2=b, 3=c, 4=d...24=X, 25=Y, 26=Z. Setelah siswa mengerti cara memecahkan kode nya, permainan pun dimulai. Bagi siswa ke dalam beberapa kelompok, minimal setiap kelompok terdiri dari 2 orang. Tempatkan setiap kelompok di tempat berbeda sehingga nantinya tidak ada kelompok yang berbuat curang dengan melihat pekerjaan kelompok lain.

Permainan dimulai dengan guru menuliskan beberapa kode di papan tulis dan setiap kelompok diminta untuk memecahkan kode tersebut dan menuliskan hasilnya di selembar kertas. Setelah selesai, lembar kertas berisi jawaban tersebut harus di berikan ke guru. Kelompok yang paling cepat memecahkan kode dan benar mengucapkannya kata dari kode yang dipecahkan akan mendapatkan nilai. Perwakilan dari kelompok yang memberikan lembar jawaban harus kembali ke tempat kelompoknya berada setelah kode pertama selesai dipecahkan. Guru pun bersiap untuk memberikan code kedua, ketiga dan seterusnya kepada setiap kelompok. Kelompok yang mengumpulkan nilai tertinggi adalah pemenangnya.

Contoh:
  1. 16-18-5-19-9-4-5-14-20 = President
  2. 20-8-21-18-19-4-1-25 = Thursday
  3. 1-18-18-9-22-5-19 = Arrives
  4. 5-13-2-1-19-19-25 = Embassy
  5. 4-15-3-21-13-5-14-20-19 = Documents

Untuk siswa tingkat bahasa atas seperti intermediate atau advance, anda bisa gunakan gabungan dari setiap kata dengan menambahkan satu kode yaitu "#' sebagai spasi. Dan pastikan setiap kata atau kalimat yang digunakan haruslah siswa sudah pernah mengetahuinya.
Contoh:
  1. 16-18-5-19-9-4-5-14-20#1-18-18-9-22-5-19#15-14#20-8-21-18-19-4-1-25    = President arrives on Thursday.
  2. 9-13-16-15-18-20-114-20#4-15-3-21-13-5-14-20-19#23-9-12-12#2-5#6-15-21-14-4#9-14#5-13-2-1-19-19-25 = Important documents will be found in Embassy.

3. Hangman Spelling
  • Tujuan: Melatih kemampuan spelling siswa
  • Level Bahasa: Elementary dan Intermediate
  • Peralatan: Boardmarker


Pernahkan anda mendengar permainan Hangman Spelling? Mungkin beberapa dari sobat pernah mendengar dan mungkin sering memainkannya di dalam kelas. Permainan hangingman spelling sebenarnya sama sperti permainan tebak kata akan tetapi setiap kesalahan yang siswa buat dalam menebak suatu kata dihitung. Penghitungan kesalahan yang dibuat siswa dalam menebak suatu kata tidak menggunakan angka melainkan menggunakan gambar orang digantung/hanging man (lihat gambar di bawah).

Permainan dimulai dengan guru menuliskan beberapa garis bawah sejumlah huruf dari kata yang akan ditebak siswa. Misalkan kita akan menggunakan kata "PENCILCASE" maka kita cukup buat beberapa garis bawah seperti ini "P _ _ _ _ _ _ _ _ E". Biarkan beberapa huruf ada untuk memberikan clue atau petunjuk pada siswa. Siswa kemudian diminta untuk menebak huruf-huruf dari kata tersebut. Setiap kesalahan yang dibuat siswa akan dihitung dengan gambar hanging man. Ketika gambar hanging man sempurna, makan kuis tersebut gugur dan semua siswa tidak mendapat nilai. Untuk siswa yang berhasil menebak akan diberi satu point dan pengumpul point terbanyak akan mendapatkan reward.

Note: Untuk kelas yang jumlah siswanya banyak, kita bisa membuatkannya beberapa kelompk. Ingat, kata yang dikuiskan harus kata-kata yang telah dipelajari siswa sebelumnya.

Contoh:

PENCILCASE = _ _ N _ _ L _ _ _ E
ERASER = E _ _ S _ _
SHOES = _ H _ _ S
RULER = R _ _ _ R
SHARPENER = S _ _ R _ _ _ E _

Permainan Bahasa Inggris | www.belajarbahasainggris.us

4. The Dumb
  • Tujuan: Melatih kemampuan spelling siswa.
  • Level Bahasa: Elementary dan Intermediate
  • Peralatan: Kertas, pencil dan boardmarker


The Dumb (si bisu) merupakan permainan berpasang-pasangan. Permainan ini seprtihalnya orang bisa memberikan informasi ke orang, yaitu dengan gerakan tangan. Nah, permainan ini meminta siswa untuk menyampaikan satu kata melalui gerakan tangan ke siswa yang lain yang kemudian ditulis di papan tulis. Mudahkan? Tetapi permainan ini hanya bisa digunakan untuk kelas yang berjumlah sedikit dan genap (karena berpasang-pasangan)

Sebelum permainan ini dimulai, guru sebelumnya menyiapkan beberapa lembar kertas yang dituliskan dengan vocabulary yang berkiatan dengan materi yang telah diajarkan. Permainan ini dimuali ketika siswa diminta untuk berpasang-pasangan, satu siswa bertuga untuk menyampaikan vocabuary lewat gerakan tangan dan siswa yang lain bertugas untuk menuliskan vocabulary yang telah disampaikan di papan tulis. Berikan kertas yang berisi vocabualry tadi ke siswa yang bertugas menyampaikannya dengan gerakan tangan. Ingat setiap siswa harus menerima vocabulary yang berbeda dan pastikan siswa-siswa tersebut tidak menggerakan mulutnya hanya menggunakan tangannya. Pasangan yang berhasil menuliskan vocabulary dengan benar kemudian diminta untuk mengejanya. Pasangan yang banyak mendapatkan point, pasangan itulah yang berhak mendapat reward.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga menyenangkan