Kamis, 23 Februari 2017

Past Perfect Tense

Past Perfect Tense - Belajar tenses lagi yuk…setelah kemarin penulis membahas tentang Present Perfect Tense, tiba saatnya Belajar Bahasa Inggris membahas tentang Past Perfect Tense. Saat kita menggunakanPast Perfect Tense, kita akan bertemu lagi dengan Past Tense. Loh…ko’ bisa??? Yuk kita simak dulu contoh kalimat di bawah ini. 
Before I came here, she had cleaned this floor
    (Past Tense)            (Past Perfect Tense)
Dari contoh kalimat di atas, kita bisa mengetahui tentang penggunaan Past Perfect Tense. Yup, pada intinya, Past Perfect Tense digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang dilakukan di masa lampau ketika kegiatan atau kejadian lain di masa lampau juga terjadi. Untuk lebih jelas, yuk kita baca artikel di bawah ini. Semoga bermanfaat. Check this out!!!
 
A.    Penjelasan Past Perfect Tense
 
Melihat contoh di atas "Before I came here (Simple Past), she had cleaned this floor (Past Perfect)." kita bisa menarik kesimpulan apa sih sebenarnya Past Perfect Tense. "Before I came here" adalah kejadian yang terjadi di masa lalu (Past), kemudian ketika kita ingin membicarakn kejadian yang terjadi sebelumnya, "She had cleaned this floor.", kita menggunakan Past Perfect Tense.

 
Penjelasan Past Perfect Tense dan tenses yang lainnya.


Jadi Past Perfect Tense adalah jenis tenses yang menjelaskan kejadian atau peristiwa yang terjadi sebelum peristiwa di masa lampau (Past) terjadi. Kira-kira begitulah apa yang dinamakan Past Perfect Tense. Hehehe...

B.    Pola Kalimat Past Perfect Tense
 
Dalam membuat kalimat Past Perfect Tense teman-teman bisa menggunakan dua pola, yaitu pola kalimat verbal dan pola kalimat nominal. Teman-teman juga bisa membuatnya dalam bentuk kalimat positive, negative dan introgative sesuai dengan pola kalimat yang ada di bawah ini.
Pola kalimat verbal :
(+) S + Had + Verb-3 
(-) S + Had + Not + Verb-3
(?) Had + S + Verb-3 + ?
Pola kalimat nominal :
(+) S + Had + Been + Adjective/Adverb/Noun
(-) S + Had + Not + Been + Adjective/Adverb/Noun
(?) Had + S + Been + Adjective/Adverb/Noun + ?

C.    Bentuk Past Perfect Tense
 
Setelah teman-teman mengetahui pola kalimat Past Perfect Tense, sekarang waktunya teman-teman belajar menulis kalimat Past Perfect Tense. Dibawah ini, penulis mencantumkan contoh kalimat verbal dan kalimat nominal dalam bentuk positive, negative dan introgative. Yuk kita lihat contoh dibawah ini. 
Contoh Kalimat Verbal Past Perfect Tense :
(+) We had visited the zoo.
(-) We had not visited the zoo.
(?) Had we visited the zoo?
Contoh Kalimat Nominal Past Perfect Tense :
(+) He had been in Jakarta for two months.
(-) He had not been in Jakarta for two months.
(?) Had he been in Jakarta for two months?
D.    Fungsi Past Perfect Tense 

Di awal penjelasan penulis sudah menjelaskan secara singkat penggunaan Past Perfect Tense. Ya…pada intinya tenses Past Perfect Tense ini digunakan untuk menyatakan perbuatan yang terjadi dimasa lampau ketika kegiatan lain terjadi. Mengutip dari salah satu referensi buku grammar karangan Frank Marcella pada bukunya “Modern English” (1972: 82-83) menjelaskan penggunaan dari Past Perfect Tense, diantaranya:

  • Past Perfect Tense mengungkapkan kejadian di masa lalu sebelum kejadian di masa lalu yang lainnya.
When Sarah arrived at the party. Paul had gone home. 
             (Simple Past)                          (Past Perfect)
  • Past Perfect Tense digunakan dengan didampingi oleh dependent cluase yang menyatkan kejadian masa lalu yang lain.
When Sarah arrived at the party. Paul had gone home. 
         (Dependent Clause)               (Independent Clause) 
  • Past Perfect Tense digunakan dalam kalimat pengandaian (Conditional Sentence) tipe ke-3.
If I had known your number, I would have called you.

Semoga penjelasan tentang Past Perfect Tense di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Penulis sangat membuka kritik dan saran untuk kemajuan blog ini dan artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga menyenangkan