Kamis, 23 Februari 2017

kumpulan games bahasa inggris

Teknik permainan berguna untuk mengurangi kebosanan dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, permainan juga menghilangkan perasaan tertekan dalam diri siswa. Perasaan tertekan ini biasanya terjadi pada siswa yang merasa kemampuannya pas-pasan.
Kali ini saya ingin memperkenalkan permainan Cat and Mouse untuk speaking skills pelajaran bahasa Inggris. Permainan ini diadaptasi dari permainan anak tradisional. Dengan beberapa modifikasi, permainan ini bisa diterapkan dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas.
Aturan permainan 
Siswa berdiri membentuk lingkaran. Siswa sebagai Cat berdiri di tengah lingkaran. Nantinya dia akan mengajukan pertanyaan kepada 1 siswa yang berdiri di dalam lingkaran. Jika siswa yang ditanya tidak bisa menjawab pertanyaan dalam hitungan 1-5, dia ganti menjadi cat. Siswa tersebut harus melakukan hal serupa seperti orang pertama. Dia bisa diganti jika siswa yang ditanya tidak bisa menjawab.
Prosedur permainan Cat and Mouse Game 
  1. Mintalah siswa berdiri membentuk lingkaran. Dengan guru berdiri di tengah lingkaran. 2. Jelaskan kepada siswa aturan permainan. 
  2. Mulai permainan dengan guru menjadi Cat terlebih dahulu. Guru memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswa. Tentu saja pertanyaan harus sesuai dengan tema pelajaran. Misalnya tema "Perkenalan". Maka pertanyaan harus seputar "perkenalan" misalnya: What's your name?, Where do you live?. Sebelum permainan dimulai, pertanyaan dan cara menjawab harus dikuasai siswa terlebih dahulu. 
  3. Siswa yang tidak bisa menjawab ganti menjadi Cat dan meneruskan permainan. 
Permainan ini bisa dimainkan dalam kelas kecil dan besar. Jika terdapat siswa di bawah 20, buat 1 lingkaran saja. Tapi untuk kelas besar seperti kelas yang terdiri dari 40 siswa, bagilah menjadi 3 atau 4 kelompok.
Guru bertugas memonitor permainan ini. Guru memperhatikan error dan kesalahan yang nantinya bisa menjadi bahan evaluasi setelah permainan selesai.
Bagaimana kalau kelas menjadi gaduh dan bising. Biarkan saja karena itu adalah bagian dari kelas bahasa. Guru hanya mengontrol jika mereka out of context saja.
Permainan ini bisa dimainkan selama 10 menit. Lebih dari itu akan menimbulkan kejenuhan. Selamat mengajar
GUESSING GAME
Permainan ini dilakukan secara beregu. Cocok untuk mengasah kemampuan mendengar dan berbicara bagi siswa dari level beginner hingga intermediate.
Prosedur permainan guessing game: 
  1. Bagilah siswa menjadi dua kelompok. 
  2. Mintalah satu perwakilan masing-masing kelompok untuk berdiri di depan menghadap anggota kelompoknya. Orang yang berdiri ini tidak boleh menoleh ke papan tulis. 
  3. Tuliskan satu kata berhubungan dengan topik di papan tulis. Misalnya topik teknologi. Tuliskan kata "Television". 
  4. Mintalah anggota kelompok menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut. Contoh: You can watch movie and news. 
  5. Beri kesempatan anggota kelompok yang berdiri di depan kelas menebak benda yang dimaksud. 
  6. Siswa yang menebak pertama kali dan benar mendapat skor untuk kelompoknya. 
  7. Ulangi lagi dengan menulis nama benda lain sesuai dengan topik. 
  8. Beri kesempatan kelompok menerangkan ciri-cirinya. 
  9. Beri kesempatan siswa yang berdiri untuk menebak. 
  10. Siswa yang pertama kali menebak dan tebakannya benar, diberi poin. 
  11. Minta anngota lain untuk bergantian berdiri. 
  12. Lakukan seperti prosedur sebelumnya.
MELATIH QUESTION TAGS
Permainan untuk pelajaran Bahasa Inggris ini bisa digunakan untuk melatih siswa dalam menggunakan question tags.
Cara melakukan permainan ini sangat sederhana. Simak langkahnya berikut ini: 
  1. Bagi siswa menjadi 2 tim sama banyak. 
  2. Minta masing-masing siswa membuat 10 pertanyaan question tags. Beri contoh: You want to be a teacher, don't you?, It's Sunday, isn't it? 
  3. Minta siswa grup A dan B berdiri berhadapan. 
  4. Siswa A bertanya kepada siswa B. Siswa B harus menjawab tidak menggunakan Yes atau No. Tapi menjawab dengan tags. Contohnya siswa A bertanya, "You have children, don't you?" Siswa B harus menjawab, "I do" atau "I don't" sesuai dengan kenyataan. 
  5. Jika siswa B menjawab Yes atau No, atau Tags nya salah, maka ia harus keluar dari barisan. 
  6. Teruskan permainan hingga seluruh pertanyaan terjawab. 
  7. Hitung siswa yang tersisa di kelompok B. 
  8. Giliran kelompok B yang bertanya kepada kelompok A. 
  9. Kelompok yang paling banyak menyisakan anggota adalah pemenangnya.
PERMAINAN PELAJARAN BAHASA INGGRIS DESCRIBING CLOTHES
Permainan pelajaran Bahasa Inggris untuk melatih siswa agar bisa mendeskripsikan jenis, warna, corak pakaian.
Agar permainan berjalan efektif, bekali siswa dengan vocabulary berhubungan dengan pakaian. Beri contoh cara mengekspresikan dalam Bahasa Inggris.
Langkah menerapkan permainan: 
1.  Minta siswa duduk berjajar membentuk baris dan kolom.
     A B A B
     A B A B
     A B A B
     A B A B
2. Beri waktu beberapa menit kepada siswa A untuk mempelajari apa saja yang dipakai oleh siswa yang duduk di kolom B. Begitu pula siswa B diberi kesempatan untuk mempelajari apa saja yang dipakai siswa A.
3. Minta siswa B menutup mata. Siswa A mendeskripsikan seorang siswa yang ada di kolom A. Siswa B harus menebak nama siswa yang dideskripsikan. Lakukan sampai semua siswa A mendapat kesempatan mendeskripsikan dan B menebak.
4. Ganti siswa B yang mendeskripsikan, siswa A menutup mata dan menebak nama siswa yang dideskripsikan.
PERMAINAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS: HOW MANY WORDS DO YOU GET?
Permainan kosakata bahasa Inggris ini diberi nama "How Many Words Do You Get?" Mengapa diberi nama demikian? Karena game ini meminta siswa membuat kata sebanyak mungkin berdasarkan sebuah kata yang diberikan guru.
Cara memainkan game kosakata ini sangat mudah. Persiapannya pun tidak begitu banyak dan menyulitkan guru. Guru hanya perlu menyediakan kata dan papan untuk menulis.
Cara memainkan game kosakata Bahasa Inggris "How Many Words Do You Get?"
  1. Buatlah siswa menjadi beberapa kelompok. Bisa juga berpasangan dengan teman sebangku. 
  2. Tulislah di papan tulis sebuah kata misalnya INDONESIA. 
  3. Mintalah siswa membuat 20 kata dengan syarat kata tersebut mempunyai huruf yang berasal dari kata INDONESIA. Berikan contoh jika perlu, misalnya: DONE, SEA, NOSE. 
  4. Berikan waktu 10 menit agar siswa menyelesaikan tugas tersebut. 
  5. Berikan hadiah bagi kelompok yang menemukan 20 kata dalam 10 menit. 
Permainan ini sangat bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kosakata siswa. Selain itu permainan ini juga melatih kreatifitas siswa dan meningkatkan kerjasama.
PERMAINAN MENGGUNAKAN ADJECTIVE BAHASA INGGRIS
Permainan ini bisa disebut permainan tebak feeling (perasaan) Bahasa Inggris. Kata yang digunakan adalah adjective yang berhubungan dengan perasaan. Contohnya, happy, thirsty, sad, dan hungry.
Cara memainkannya: 
  1. Persiapkan beberapa kartu yang di atasnya ditulisi adjective yang berhubungan dengan perasaan. 
  2. Tulis di papan tulis kalimat tanya: Are you ...? 
  3. Tunjukkan sebuah mimik perasaan yang diambil dari sebuah kartu. Misalnya rasa lapar. 
  4. Mintalah siswa menanyakan apa yang sedang guru rasakan. Beri contoh: Are you hungry? Jawab Yes, I am atau No, I am not. 
  5. Minta satu siswa sukarelawan yang percaya diri maju ke depan kelas untuk mengambil satu kartu. 
  6. Minta siswa yang lain menebak apa yang sedang dirasakan oleh siswa sukarelawan sesuai dengan mimik yang ia praktekkan. Sukarelawan hanya menjawab Yes, I am atau No, I am not. 
  7. Setelah semua siswa paham permainan, bagilah siswa menjadi dua kelompok. 
  8. Minta satu siswa dari anggota kelompok maju ke depan dan mengambil sebuah kartu. 
  9. Anggota kelompok harus menebak perasaan yang diperagakan siswa tersebut. 
  10. Jika siswa tersebut menjawab Yes, I am maka kartu diberikan kepada kelompok tersebut, tapi jika menjawab No, I am not, maka kelompok kedua mendapat kesempatan untuk menebak. 
  11. Lanjutkan permainan dengan memanggil anggota kelompok kedua. Siswa tersebut melakukan seperti apa yang dilakukan siswa pertama. 
  12. Lakukan permainan sampai semua kartu selesai diperagakan. 
  13. Kelompok yang mendapat kartu terbanyak adalah pemenangnya.
Permainan dalam pelajaran Bahasa Inggris banyak manfaatnya. Salah satunya adalah menciptakan suasana yang nyaman selama proses pembelajaran. Selain itu, permainan juga berfungsi sebagai ice breaker atau menghilangkan rasa tertekan dalam diri siswa sebelum pembelajaran dilakukan.
Kali ini sekolahoke.com memperkenalkan permainan bahasa Inggris bernama Kata Berkait (Linking Words). Kata berkait merupakan permainan sederhana yang dilakukan dengan mengaitkan kata-kata. Bagaimana caranya?
Langkah-langkah melakukan permainan Kata Berkait dalam pelajaran bahasa Inggris. 
  1. Persiapkan peralatan seperti spidol dan papan tulis.
  2. Bagilah siswa menjadi 3 kelompok.
  3. Tulislah sebuah kata di papan tulis.
  4. Lalu mintalah kelompok pertama untuk menyebutkan sebuah kata yang dimulai dengan huruf terakhir kata di papan tulis.
  5. Tulislah kata yang disebutkan kelompok pertama di papan tulis.
  6. Mintalah kelompok kedua menyebutkan kata yang dimulai dengan huruf terakhir kata yang disebutkan kelompok pertama tadi.
  7. Tulis kata yang disebutkan kelompok kedua.
  8. Mintalah kelompok ketiga menyebutkan sebuah kata yang diawali dengan huruf terakhir kata yang disebutkan kelompok kedua.
  9. Tulislah kata yang disebutkan kelompok ketiga.
  10. Kembali kepada kelompok pertama. Mintalah mereka menyebut satu kata yang diawali dengan huruf terakhir kata yang disebutkan kelompok ketiga.
  11. Lanjutkan permainan hingga 8 putaran.
Supaya lebih seru, berilah waktu 5 detik bagi setiap kelompok untuk memikirkan 1 kata. Jika mereka tidak bisa menjawab, lanjutkan ke kelompok berikutnya.
Setelah 8 putaran, hitunglah jumlah kata yang diperoleh masing-masing kelompok. Berilah hukuman ringan, misalnya menyanyi bersama kepada kelompok yang paling sedikit memperoleh kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga menyenangkan