Kamis, 23 Februari 2017

Future Perfect Tense

Future Perfect Tense - Setelah kemarin kita membahas lengkap mengenai pembentukan dan pengguanaan dari Future Continous Tense, hari ini belajar bahasa inggris akan mencoba membahas tentang penggunaan dan pembentukan Future Perfect Tense secara lengkap. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh apa itu Future Perfect Tense beserta pembentukan dan penggunaannya, mari kita lihat contoh situasi di bawah ini. Semoga bermanfaat. Check this out!!!
Andra wants to swim tomorrow with his brothers. He will go to nearby swimmingpool at 7.30. He will begin to swim at 8.00 and will finish at 10.00. Febri, Andra's friend, wants to meet Andra tomorrow and wants to know what time to come to his house.
Andra ingin berenang bersama soudaranya besok. Dia akan pergi ke kolam renang terdekat pada jam 7.30. Dia akan mulai berenang pada jam 8.00 dan akan selesai pada jam 10.00. Febri, temennya Andra, ingin bertemu Andra besok dan ingin tahu jam berapa dia harus datang kerumah Andra.

Febri : I want to come at your house at 09.00. Is it alright?
Andra : No, I will be swimming then.
Febri : What about at 10.00?
Andra : No, I will have finished by then. Just come to my house at 11.00. I will be at home that time.
Penjelasan Future Perfect Tense dan Tenses yang lainnya.

Future Perfect Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan yang akan dimuai pada masa depan dan akan telah selesai pada waktu tertentu pada masa depan. Andra akan mulai berenang pada jam 08.00 dan akan telah selesai berenang pada jam 10.00. Untuk menyatakan kegiatan yang akan telah selesai tersebut kita menggunakan Future Perfect Tense.

A. Pola Kalimat Future Perfect Tense
 
Saat teman-teman ingin membuat kalimat Future Perfect Tense, teman-teman bisa menggunakan pola kalimataffirmative positive, negative maupun yang introgative seperti yang ada di bawah ini.
(+) S + Will/Shall + Have + Verb-3
(-) S + Will/Shall + Not + Have + Verb-3
(?) Will/Shall + S + Have + Verb-3?

B. Kalimat Future Perfect Tense 

Setelah teman-teman mengetahui pola kalimat Future Perfect Tense, sekarang waktunya teman-teman belajar menulis kalimat Future Perfect Tense. Di bawah ini ada contoh kalimat positive, negative dan introgativedalam Future Perfect Tense. Yuk kita lihat contoh kalimat di bawah ini.
(+) I will have finished my assignment by this time next week.
(-) I will not have finished my assignment by this time next week.
(?) Will you have finished your assignment by this time next week?

C. Keterangan Waktu

Saat teman-teman ingin membuat kalimat Future Perfect Tense, teman-teman bisa menambahkan keterangan waktu yang menunjukan sebuah kegiatan/aktivitas akan selesai pada waktu tertentu pada masa yang akan datang. Seperti keterangan waktu dibawah ini. 
- By the end of this year : Menjelang ahir tahun ini
- By the end of July : Menjelang ahir bulan Juli
- By the end of next week: Menjelang ahir minggu depan

D. Penggunaan Future Perfect Tense 

Seperti contoh situasi dan penjelasan Future Perfect Tense di atas, penggunaan Future Perfect Tense adalah untuk menyatakan suatu tindakan yang akan dimulai di masa depan dan akan telah selesai pada waktu tertentu pada masa depan. Contoh:

I started writing a thesis last month. By the end of next month I will have written it

Semoga penjelasan tentang Future Perfect Tense di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Penulis sangat membuka kritik dan saran untuk kemajuan blog ini dan artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga menyenangkan